BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Proses pengambilan keputusan dalam membeli merupakan proses pemecahan
masalah oleh konsumen mengenai produk atau jasa yang hendak dibeli
dengan cara memilih perilaku yang ingin ditampilkan melalui
tahapan-tahapan pembelian. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses
pengambilan keputusan dalam membeli adalah promosi dan produk. Keputusan
Pembelian yang dilakukan konsumen akan mencakup pertimbangan berbagai
aspek. Pada umumnya konsentrasi pemasaran lebih diarahkan pada keputusan
tentang pemilihan alternatif terhadap merek tertentu. Hal ini
disebabkan strategi pemasaran seringkali dikembangkan bagi pencapain
target untuk merek produk tertentu.
Menurut
Philip kotler mengemukakan, Konsumen mempelajari
merek-merek yang tersedia dan ciri-cirinya. Informasi ini digunakan
untuk mengevaluasi semua alternatif yang ada dalam menentukan keputusan
pembeliannya (1998:170). Di Indonesia banyak sekali produsen yang
menawarkan berbagai merek motor dan Permintaan masyarakat terhadap
sepeda motor terus mengalami peningkatan, hal ini memberikan peluang
bagi para produsen sepeda motor untuk melakukan inovasi dari produk yang
dihasilkannya. Setiap produsen selalu memproduksi sepeda motor dengan
desain-desain yang terbaru sesuai dengan keinginan konsumen. Jenis
sepeda motor yang sangat digemari konsumen selama ini adalah jenis
sepeda motor bebek.
Penjualan motor diprediksi tahun ini mampu menembus 8 juta unit, naik
9,5 persen dibandingkan tahun lalu 7,3 juta unit. Berdasarkan data
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor sampai
September 2011 mencapai ,2 juta unit. Sementara pada September,
penjualan mencapai 724 ribu unit. Pada September lalu, penjualan Honda
mencapai 391.733 unit, sehingga akumulasinya mencapai 3,1 juta unit.
Sementara Yamaha, terjual 2,5 juta unit. Suzuki berada di posisi ketiga
dengan penjualan 43.643 unit pada September lalu. Alhasil, selama
Sembilan bulan 2011, penjualan Suzuki mencapai 397.714 unit. Kawasaki
berada di posisi keempat dengan penjualan 9.906 unit, sehingga akumulasi
penjualan mencapai 78.909 unit. Selain empat pabrikan Jepang ITU,
pabrikan India, TVS, membukukan penjualan 2.370 unit. Total penjualan
sampai September 2011 mencapai 19.856 unit.
1.2 RUMUSAN MASALAH
- Tentukan suatu produk yang akan dianalisis
- Tentukan perilaku konsumen dalam memilih produk tersebut dilihat dari faktor budaya, social, pribadi, dan psikologi
- Siapa yang membuat keputusan pembelian dan jelaskan tahapan dalam proses pembelian