Kamis, 28 Mei 2015

Sinopsis Romeo and Juliet

Romeo and Juliet merupakan sebuah cerita karangan William Shakespeare, yang ia ciptakan di awal karirnya sebagai seorang penulis. Kisah tragis ini lah yang akhirnya membuat Shakespeare menjadi sangat terkenal. baca yaa…

Sebenarnya Romeo and Juliet adalah sebuah Roman kuno Italia. Pada 1562, Arthur Brooke menjadikan roman ini sebuah sajak yang berjudul “Tragical History of Romeus and Julia“. Dan di 1582, seorang sastrawan lainnya bernama William Painter, menceritakan kembali kisah ini dalam bentuk prosa pada Palace of Pleasure.
Kedua ide ini dikembangkan oleh Shakespeare dengan mempertajam karakter pendukung, terutama pada karakter Mercutio dan Paris. Akhirnya Kisah Romeo and Juliet untuk pertama kali dipentaskan pada 1597. Sebuah sajian drama kisah cinta yang lahir dari perpaduan serta imajinasi banyak orang yang berbeda. Sebuah kisah cinta yang dikembangkan dalam beberapa zaman dan oleh orang yang berbeda.

Cerita Romeo and Juliet

Kisah Romeo and Juliet ini memiliki  latar belakang sebuah kota di Italia bernama Verona, Italia. Kota tersebut merupakan tempat terjadinya  perselisihan di antara dua keluarga yang sangat terkenal. Dua keluarga itu adalah Montague dan Capulet. Hebatnya perselisihan itu membuat Pangeran Verona mengambil tindakan dengan mengancam adanya hukuman mati, jika perselisihan itu terus berlanjut.
Kisah Romeo and Juliet ini terus berlanjut. Lord Capulet memiliki seorang putri yang sangat cantik bernama Juliet. Kecantikannya membuat seorang pengusaha bernama Count Paris ingin menikahinya. Namun, karena usia Juliet saat itu masih terlalu muda, sehingga pertunangan diundur hingga usia Juliet matang.
Di sisi lain, Romeo, putra keluarga Montague tergila-gila dengan Rosaline, salah satu keponakan Lord Capulet. Akibat desakan dari sahabat-sahabatnya Benvolio dan Mercutio, akhirnya Romeo nekad mendatangi pesta dansa Capulet, agar dapat bertemu dengan Rosaline.  Pertemuan Romeo dengan Rosaline ini nantinya ikut berperan dalam mempertemukan Romeo and Juliet.
Di luar dugaan, secara tidak sengaja Romeo bertemu dengan Juliet, mereka berdua akhirnya saling jatuh cinta. Pertemuan itu menghasilkan beberapa pertemuan rahasia lainnya. Kisah dari Romeo and Juliet pun dimulai.
Dengan bantuan Friar Laurence, seorang pendeta yang ingin menyatukan keluarga ini, kisah cinta Romeo and  Juliet ini berlanjut. Mereka berdua menikah secara diam-diam. Pernikahan ini diharapkan dapat meredam permusuhan yang selama ini tidak dapat diselesaikan.
Sayangnya, Tybalt, sepupu Juliet mengetahui bahwa Romeo pernah menyusup masuk ke pesta dansa mereka. Ia menantang Romeo berkelahi, namun ditolak, karena merasa bahwa Tybalt adalah saudara iparnya. Kisah cinta Romeo and Juliet ini menampilkan konflik awal yang bermula dari dalam keluarganya sendiri.
Mercutio merasa tersinggung dengan sikap Tybalt, dan mengajaknya bertarung atas nama Romeo. Pertarungan itu menyebabkan Mercutio terluka parah, dan hampir mati. Sehingga Romeo terpaksa membunuh Tybalt. Kejadian itu membuat Pangeran Verona memberikan hukuman dengan mengusir Romeo dari Verona. Pengusiran Romeo dari Verona juga ikut menghiasi kisah perjalanan cinta Romeo and Juliet.
Dalam kesedihannya, Juliet dipaksa ayahnya untuk menikahi Count Paris. Julia kemudian meminta pertolongan dari Friar Laurence, yang akhirnya memberikan obat yang akan membuatnya koma seperti orang mati. Permintaan Juliet inilah yang seolah menjadi titik klimaks dari cerita Romeo and Juliet.
Friar lalu memberikan pesan kepada Romeo, agar dapat menjemput Juliet, setelah ia terbangun. Juliet pada akhirnya meminum obat tersebut, dan dikabarkan meninggal. Sayangnya, pesan itu tidak sampai ke Romeo, ia malah mendapat kabar jika Juliet telah meninggal akibat meminum racun. Pergolakkan batin Romeo ketika mengetahui Juliet meninggal juga ikut mewarnai kisah cinta tragis yang ada pada kisah Romeo and Juliet ini.
Dengan hati yang galau dan sakit, Romeo membeli racun dari The Apothecary, dan kemudian pergi ke tempat Juliet. Di tempat itu, ia bertemu dengan Paris yang kemudian menyerangnya dengan sebuah belati, perkelahian itu berakhir dengan kematian Paris. Romeo kemudian meminum racun itu di samping Juliet. Kisah kematian yang seharusnya tidak harus terjadi itu membuat kisah Romeo and Juliet bertambah dramatis.
Ketika terbangun dan mendapati Romeo meninggal di sampingnya, Juliet sangat terkejut. Pada akhirnya, ia menemukan sebuah belati di tangan Romeo, dan menggunakannya untuk membunuh dirinya. Kedua keluarga sangat gempat mengetahui kejadian itu. Setelah medengar kisah cinta anak mereka dari  Friar Laurence, keluarga Capulet dan Montague lalu setuju mengakhiri permusuhan diantara mereka. Kisah cinta Romeo and Juliet yang berakhir tragis ternyata berhasil membuka mata kedua pihak keluarga tersebut.

1 komentar: