Selasa, 05 Januari 2016

Tugas Etika Bisnis tentang PHK dan Unjuk Rasa









Tugas Etika Bisnis tentang PHK dan Unjuk Rasa 


Nama : fawwaz fadika andigama


Kelas : 4EA11


NPM : 12212835


Tugas Softskill


Etika Bisnis


Tentang Kasus PHK/Unjuk Rasa karyawan










PENDAHULUAN






Liputan6.com, Jakarta: Sekitar dua ribu karyawan PT Astra Honda Motor menuntut tunjangan akhir tahun sebanyak enam kali gaji per bulan. Desakan itu dinilai para pegawai wajar. Sebab, tahun ini, perusahaan telah memproduksi sepeda motor dua kali lipat dibandingkan tahun silam. Unjuk rasa itu digelar di halaman Kantor PT Astra Honda Motor di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Jumat (23/11).




Sebenarnya menurut kabar yang beredar, PT Astra bakal memberi bonus tiga sampai empat kali gaji.

Namun, para karyawan berkehendak lain. Alasannya ketika hanya memproduksi 488 ribu unit sepeda motor pada 2000, para karyawan mendapatkan tunjangan akhir tahun sebanyak empat kali gaji. Tahun ini, Honda telah memproduksi 940 ribu unit sepeda motor. Atas dasar itulah mereka meminta tambahan bonus tunjangan.




Sementara itu, manajemen PT Astra yang diwakili Kepala Divisi Perencanaan David R. Suwu mengatakan, tuntutan para karyawan sedang dibahas. Selain itu, para karyawan juga menuntut kenaikan gaji berdasarkan indeks harga konsumen sebesar 25 persen. Sedangkan perusahaan menaikkan sebesar 13 persen. Menurut rencana tuntutan tersebut bakal diputuskan pada 4 Desember mendatang.(TNA/Sentot Noerachman dan Satya Pandia)






ANALISIS


Menurut saya unjuk rasa karyawan ini merupak unjuk rasa tentang keadilan dari pihak atasan kepada para pegawainya karna .. seorang pegawai yang bekerja tidak seperti biasanya atau melibihi jumlah produksi yang biasa dibuat seharusnya ada riwet untuk pegawai tersebut .. pegawai merasa tidak adil karna hasil penjualan sangat meningkat hingga pegawai merasa hasil kerjanya tidak dihargai .. maka terjadilah unjuk rasa ini .. solusi dari masalah ini yaitu pihak perusaan harus bersikap adil kepada pegawai.nya dengan memperhitungkan kembali tubjungan yang diinginkan oleh pegawai






REFERENSI






http://news.liputan6.com/read/24279/karyawan-astra-menuntut-tunjangan-enam-kali-gaji

1 komentar: